Tips Membangun Rumah Tangga Bahagia, Sesuai Dengan Ajaran Islam

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mendambakan rumah tangga yang bahagia. Membentuk rumah tangga yang bahagia merupakan sebuah proses perjalanan, pembelajaran dan komitmen yang harus dibangun berdua. Sama halnya dengan mencapai kesuksesan, kebahagian tidak langsung muncul begitu saja namun harus ada usaha untuk mewujudkannya.

Baca juga : Bagaimana Menentukan Penghasilan Ketika Masih Remaja

Banyak sekali terlontar do’a semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah kepada setiap pasangan. Hal ini adalah anjuran dalam islam agar setiap pasangan dapat saling peduli dengan keluarga yang dibangunnya sehingga terbentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah. Membangun keluarga sakinah, mawaddah, rahmah tentu bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan perjuangan. Namun apabila kita memegang dan menerapkan anjuran membangun rumah tangga sesuai syariat islam tentu hal tersebut bukan lagi mustahil. Beberapa ini adalah tips membangun rumah tangga bahagia sesuai dengan ajaran Islam :

Simak juga : Dasar Ilmu Kebaikan Dalam Membangun Akal Sehat Dari family Kecil

1. Tentukan Tujuan Berumah Tangga

Keluarga Bahagia
Keluarga Serasi Selalu Mencerminkan Kebahagiaan Bersama keluarga

 Manusia yang tidak memiliki tujuan hidup ia akan terombang-ambing dan kebingungan dalam menentukan setiap langkahnya. Bahkan penciptaan manusia di muka bumipun memiliki sebuah tujuan atau misi yaitu khalifah fil ard dan memakmurkan kehidupan. Begitupun dengan berumah tangga yang harus memiliki tujuan agar lebih mudah dalam menyatukan keluarga. Pasangan yang memiliki perbedaan dalam menentukan tujuan pernikahan berpotensi keretakan rumah tangga yang berujung pada ketidak harmonisan keluarga. Kita bisa mendiskusikan tujuan rumah tangga ini dari hati ke hati agar tidak ada lagi miss komunikasi dan kesalah pahaman yang akan terjadi di masa depan.

2. Menerapkan Nilai-Nilai Yang Telah Disepakati Bersama

harmonis
Senantiasa memberikan kasih sayang baik di saat suka maupun duka

Rumah tangga sama halnya dengan berorganisasi, untuk menggerakan dan menjalankan peran masing-masing harus ada nilai-nilai dan landasan yang digunakan. Nilai-nilai dan landasan tersebut bisa berasal dari agama, hukum negara, adat istiadat dan budaya. Menerapkan nilai-nilai dan landasan secara konsisten dalam rumah tangga akan membentuk sebuah budaya sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan masalah.

Salah satu contoh nilai-nilai dan landasan yang mengacu pada ajaran agama Islam adalah menikah dengan sesame muslim atau memiliki agama yang sama.  Hal ini sangat dianjurkan karena akan memudahkan pasangan dalam beradaptasi dan menjalankan fungsinya. Apabila anggota keluarga telah mengetahui nilai-nilai dan landasan yang digunakan maka kebahagian dalam rumah tangga akan lebih mudah dicapai.

3. Niatkan Untuk Ibadah

nikah
Keluarga dimulai dari pernikahan yang sah secara Agama, dan secara hukum Negara.

Dalam agama islam setiap amalan yang kita kerjakan sangat tergantung dari niatnya. Meskipun amalan yang dilakukan terlihat baik namun apabila dalam niatnya buruk maka amalan tersebut tidak bernilai ibadah dan sangat keliru. Karena itulah dalam berumah tangga kita niatkan untuk beribadah kepada Allah swt. Meskipun mungkin pada awalnya kita mau menerima pasangan karena hartanya, parasnya, akhlaknya dan prestasinya namun apabila sudah membangun rumah tangga semua harus diniatkan untuk ibadah. Rasulullah saw juga menyampaikan bahwa menikah sama dengan menyempurnakan separuh agama. Sehingga dalam kegiatan membangun rumah tangga adalah bagian dari ibadah dengan saling mengingatkan, membangun akhlak, mensupport, mempunyai keturunan dan lain-lain.

4. Menjalankan Peran Masing-masing

anak bersama orang tua nya
Memberikan yang terbaik, dengan selalu menyempat dalam kesibukan.

Salah satu kunci membangun keluarga bahagia dalam Islam adalah mampu menjalankan peran masing-masing dengan sebaik mungkin. Peran yang dimaksud adalah kewajiban istri terhadap suami dan kewajiban suami terhadap istri. Dengan menjalankan peran istri dan suami sebaik mungkin akan terbentuk keluarga yang harmonis dan saling mensupport. Beberapa peran istri dan suami yang bisa harus kita ketahui :

1. Peran Istri

  • Mengelola harta suami dan aset rumah tangga
  • Menjaga amanah dan aib keluarga dari lingkungan luar
  • Melayani dan mensuport suami dalam kebaikan dan mencari nafkah yang halal
  • Merawat dan mendidik anak-anak sesuai dengan nilai-nilai yang telah disepakati
  • Memberikan rasa nyamanan dan kasih sayang pada anggota keluarga

2. Peran Suami

  • Sebagai pemimpin bagi keluarga
  • Memberikan nafkah dan memastikan kondisi finansial keluarga cukup, layak dan terpenuhi
  • Mendidik istri dan anak anaknya menjadi lebih baik
  • Mengatur keluarga agar selalu menerapkan nilai-nilai yang sudah disepakati dan sesuai ajaran islam
  • Memberikan nafkah batin pada istrinya

5. Memahami dan Menutupi Kekurangan Pasangan

sakinah
Selalu meluangkan waktu bersama keluarga.

Setiap individu pasti memiliki latar belakang, kebiasan, karakter dan budaya yang berbeda. Untuk menyatukan kedua perbedaan dari pasangan diperlukan sikap saling memahami dan menutupi kekurangan masing-masing. Perbedaan hendaknya tidak dijadikan alasan terjadinya pertikaian dan perpecahan namun justru untuk saling menguatkan. Dalam setiap kekurangan pasangan tentu saja ada banyak kelebihan yang bisa selalu kita ingat apabila terjadi pertikaian. Satu hal yang harus benar-benar kita pahami bahwa didunia ini tidak ada pasangan yang sempurna. Jika kita menginginkan keluarga bahagia maka kitapun harus mau memperjuangkannya.

Demikianlah hal-hal yang bisa kita pelajari dan terapkan untuk membangun keluarga bahagia. Semuanya dibangun dengan proses dan pembelajaran dari kedua pihak sehingga tercapai keluarga yang harmonis, sakinah, mawadah, warahmah. Semoga tips-tips dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan senantiasa dalam lindungan Allah swt. Sampai bertemu diartikel kami selanjutnya..

Simak juga : Kunci Berkah, Untuk Bahagia di Dunia dan Akhirat Ada 4

Follow kami !

Facebook: @tipsberkah.tb
Instagram: @tipsberkah.tb 
Twitter: @BerkahTips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *