Rahasia Membangun Keluarga Harmonis Agar Bahagia Dunia dan Akhirat

Untuk mencapai keluarga bahagia tidak ada rahasia kalau kebaikanlah yang akan terjadi, maka apapun itu haruslah di berikan kepada anda semua. Berikut ini adalah pembahasan mengenai Bagaimana membangun hubungan yang harmonis sehingga terwujud keluarga yang bahagia dunia dan akhirat. Aamiiin

1. Keluarga Harmonis Mempunyai Pengertian Sebagai Berikut

Keluarga Bahagia
Serasi Selalu Mencerminkan Kebahagiaan

Secara Bahasa Harmonis bersal dari kata serasi, dan selaras. Artinya adalah keadaan selaras dan serasi, agar lebih enak di pahami keharmonisan itu adalah keadaan yang selaras dan serasi, di mana semuanya saling melengkapi semua kekurangan masing-masing, tanpa mementingkan kepentingan sendiri-sendiri. Maka akan tercapailah tujuan untuk mencapai keharmonisan. Karena dalam hubungan rumah tangga perlu sama-sama menjaga hal tersebut untuk mencapai bahagia dunia akhirat.

Selain itu Keharmonisan rumah tangga mempunyai definisi yaitu rukun, berbahagia, saling mengerti, penuh kasih saying, tidak mementingkan ego masing-masing, saling menolong dalam kebaikan, memiliki etos kerja yang baik, taat beribadah, saling menghormati tetangga, berbakti pada yang lebih tua, senantiasa ingin belajar, dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin bersama-sama.

Kebahagiaan akan tercipta dengan ikatan yang utuh dalam suatu anggota family. adapun secara psikologi dapat di artikan sebagai berikut :

  • Tercapainya keinginan-keinginan, cita-cita dan harapan-harapan dari semua.
  • Sesidikit mungkin terjadi konflik dalam pribadi masing-masing maupun antar pribadi.

Keluarga yang harmonis juga merupakan keluarga yang penuh dengan ketenangan, damai, penuh kasih sayang. Membuat keturunan dan kelangsungan masyarakat penuh dengan belas kasih, saling melengkapi dan saling membantu, serta suka bekerja sama.

Dalam keluarga harmonis terdapat dua pasangan suami istri, dimana mereka saling menerima kekurangan masing-masing, saling menghargai pendapat, saling mempercayai ketika diberi amanah, dan saling mencintai selama umur masih di kandung badan.

Simak juga : Bagaimana Menentukan Penghasilan Ketika Masih Remaja

2. Keluarga Harmonis Dalam Pandangan Agama Islam

nikah
Keluarga dimulai dari pernikahan yang sah secara Agama, dan secara hukum Negara.

Keluarga adalah suatu Lembaga kecil yang terdapat dalam suatu masyarakat dan dari keluargalah seorang mendapatkan pelajaran serta mulai di tanamkan nilai-nilai serta ajaran Agama Islam untuk di amalkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam Agama Islam, keluarga harmonis itu dimulai dengan suatu ikatan yang sah sesuai dengan syariat Islam yang disebut dengan pernikahan. Sebelum membangun keluarga tentunya seseorang harus memilih pasangan dan menikah untuk memenuhi ajaran Allah SWT dan Rasulullah. Selain itu memilih pasangan harus tepat sesuai ajaran agama Islam.

Rasulullah juga memberikan pedoman dalam menentukan pasangan hidup untuk membangun
family, untuk seorang pria dianjurkan untuk memilih wanita shalehah, yang baik agamanya karena menjadi pengingat ketika suaminya menempuh jalan yang salah, istri shalehah akan memberikan ketentraman dalam family. Sebagaimana dalam hadits berikut ini :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Wanita dinikahi karena empat hal; hartanya, nasabnya, kecantikannya dan agamanya, Maka pilihlah karena faktor agama niscaya engkau beruntung” (HR. Al Bukhari)

SImak juga : Dasar Ilmu Kebaikan Dalam Membangun Akal Sehat Dari family Kecil

3. Ciri-ciri Family Harmonis  Bikin Bahagia Dunia Akhirat

harmonis
Senantiasa memberikan kasih sayang baik di saat suka maupun duka

Agama Islam mempunyai pandangan dan kiriteria yang harmonis. Ibarat bangunan, keluarga adalah sebuah rumah yang dibangun dengan perpaduan bahan-bahan yang bagus, dan menjadi bangunan yang bagus dan kuat, serta layak untuk di tempati. Begitu pula keluarga, dibentuk dari kepribadian yang berbeda, dan prinsip yang berbeda, namun dengan dipersatukan dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, semua nya menjadi satu tujuan menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Semua pasangan menginginkan kebahagiaan, keluarganya senantiasa harmonis walaupun diterpa masalah yang kadang tidak pernah diuang, namun datang tanpa disadari. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan apa itu pengertian sebenarnya sakinah, mawaddah, dan warahmah.

3. Kriteria Keluarga Sakinah

sakinah
Selalu meluangkan waktu bersama keluarga.

Keluarga harmonis  itu adalah keluarga yang memiliki ketentraman dan ketenangan, walaupun berbagaimacam masalah datang di dalam rumah tangga, pasti takan membuat rumah tangga hancur. karena dalam suatu keluarga yang sakinah pasti memiliki kepercayaan yang kuat, saling menghargai, saling mengingatkan apabila ada yang salah.

Pada kisah Khadijah RA, Istri Rasulullah ketika berusaha menenangkan Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama kali, ketika itu badan Nabi menggigil karena gelisah. Dengan responsive Khadijah menenangkan Rasulullah.

Keluarga sakinah itu telah di beritahukan oleh Allah dari firman nya :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS Ar rum : 21)

Pada intinya sakinah itu saling menerima apa adanya, saling melengkapi, serta senatiasa ada baik suka maupun duka.

Baca juga : Management Persiapan Meyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun Ini

4. Kriteria Mawaddah

mawaddah
Menikmati pemandangan alam bersama sang anak.

Berikut ini keluarga mawaddah merupakan keluarga yang penuh dengan rasa cinta. Rasa cinta adalah suatu yang tumbuh dan selalu tumbuh, tidak ada masa untuk layu. Dengan selalu saling memberikan perhatian yang baik kepada istri, maupun sebaliknya.

Istri yang tulus pun hidup bersama suami akan membuat rumah tangga semakin indah dan selalu tumbuh menjadi keluarga yang terbaik untuk selamanya. Dengan sama-sama tahu kewajiban dan hak masing-masing, akan lebih mudah menyelaraskan arah rumah tangga yang lebih indah.

Keluarga mawaddah inilah yang menjadi cita-cita semua orang ketika sudah menikah, tak ingin ada rasa yang pudar rasa cinta maupun ketulusan.

Simak juga : Ini Kriteria Pemimpin Yang Harusnya Menjadi Presiden Indonesia

5. Kriteria Warahmah

warahmah
Kelurga yang penuh kasih sayang dengan tercermin dari kekompakan nya.

Rahmah berdasarkan artinya adalah kasih saying, sedangkan keluarga yang warahmah adalah keluarga yang penuh dengan kasih sayang. Rasa kasih sayang akan membuat cinta akan senantiasa tumbuh dalam rumah tangga. Ketika ada masalah, kedua belah pihak mendapatkan solusi yang dihasilkan dari kesepakatan bersama, bukan kehendak ego salah satu pihak. Karena rasa cinta yang senantiasa berada dalam rumah tagga sudah memiliki sifat warahmah, tentunya atas naugrah Allah. Aamiin

Semoga Bermanfaat …

Baca juga : Bagaimana Menentukan Penghasilan Ketika Masih Remaja

Follow kami !

Facebook: @tipsberkah.tb
Instagram: @tipsberkah.tb
Twitter: @BerkahTips

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *