Pemimpin Yang Harusnya Menjadi Presiden Indonesia, Berikut Kriterianya!

Pemimpin secara umu adalah seorang yang mengawal suatu kelompok atau mengayomi, namun keyantaan banyak sekarang ingin jadi pemimpin tapi secara rasional dia tidak layak, akan tetapi tetap memaksakan diri untuk menjadi pemimpin dari khalayak banyak.

Oleh karena itu, anda diberikan apa saja kriteria pemimpin yang baik, sehingga layak untuk menjadi pemimpin. Ya, ini paling tidak kriteria diantara kriteria pemimpin yang terbaik. Silakan menyimak….

a. Penjelasan Pemimpin Secara Bahasa Dan Istilah

Pemimpin
Pemimpin mampu meberikan kepada masyarakat nya.

Pemimpin dari bahasa asing artinya leader dan kepemimpinan itu artinya leadership. Sedangkan beberapa tokoh mengatakan pemimpin adalah :

1. Ahmad Rusli dalam Karnya nya Pemimpin Dalam Kepimpinan Pendidikan (1999)

Pemimpin adalah individu manusia yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) kearah mencapai matlamat yang ditetapkan.

Jadi menurut Ahmad Rusli pemimpin itu orang menerima amanah dari sekelompok orang yang mendukung nya, untuk mencapai tujuan yang di sepakati.

2. Mifta Thoha dalam Bukunya Prilaku Organisasi (1983:255)

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

Jadi seorang pemimpin itu memiliki kemampuan yang bisa mempengaruhi dan menggerakan suatu kelompok untuk melaksanakan sebuah program.

3. Kartini Kartono (1994. 33)

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.

Jadi seorang pemimpin itu memiliki sebuah kelebihan dan menjadi karismatik yang mampu menarik simpati orang-orang, sehingga bisa dengan mudah mencapai suatu tujuan tertentu.

4. C. N. Cooley (1902)

Pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan, dan pada kesempatan lain, semua gerakan sosial kalau diamati secara cermat akan akan ditemukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.

5. Henry Pratt Faiechild dalam Kartini Kartono (1994 : 33)

Pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi. Dalam pengertian yang terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.

Jadi leader itu memepunyai kemampuan yang bisa diajarkan kepada anggota masyarakat nya, dalam mencapai tujuan juga dengan semua kelibihan nya bisa mengajak kepada keberhasilan.

b. Menentukan Pemimpin Di Indonesia 5 Tahun Kedepan

Presiden
Tentukan pilihan mu untuk menjemput nasib bangsa Indonesia.

Pemilihan presiden di Indonesia disebut dengan PEMILU (Pemilihan Umum), baik itu untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Untuk memilihnya harus dinilai dengan kritis, sebab jangan sampai yang kita pilih adalah seorang yang hanya menguntungkan golongan nya, dan bukan untuk berjuang masyarakat nya. Adapun untuk memilih presiden kita harus memperhatikan beberapa kriteria nya :

1. Bisa Menerima Masukan dan Kritikan

Pemimpin
Menerima kritikan untuk kebaikan negara.

Sehebat apapun seseorang pasti mempunyai kelemahan, demikian juga soerang leadership. Sedangkan untuk memilih calon seorang Presiden, hendaknya kamu memperhatikan dirinya apakah dia mampu menerima masukan, nasehat, bahkan kritikan dari rakyatnya.

Namun apabila seorang calon presiden yang tidak mau menerima masukan, dan kritikan masyarakat bisa dipastikan dia adalah seorang yang hanya ingin mencalonkan dirinya mewakili segolongan yang hanya mempunyai kepentingan untuk menguntungkan kelompok nya saja.

Tapi terkadang, seorang calon presiden dengan segala upacaya membangun citra kepada masyarakat agar memilih dia untuk menjadi presiden. Jadi jangan sampai kamu mudah menjatuhkan suara kamu untuk memilih yang hanya bertopeng pada citra nya, akan tetapi kepentingan nya hanya untuk segolongan saja.

2. Mempunyai Wawasan Luas

wawasan
Pemimpin itu mempunyai wawasan yang luas.

Seorang calon presiden tentunya harus mempunyai wawasan yang luas, jangan sampai mempermalukan negara di mata dunia, selain itu mampu menjaga harkat martabat negara.

3. Berani Mengakui Kesalahan

berani
Kesalahan bukanlah kegagalan.

Seorang calon presiden mampu mengakui kesalahan nya selama masa jabatan nya maupun masa hidup nya di bidang politik. Akan tetapi untuk kesalahan ini, sebelum dia mengakui nya masyarakat sudah bisa membaca apakah seorang calon pemimpin bagaimana jejak masalalu nya.

Hanya saja masyarakat akan lebih menghargai kejujuran dari pada lempar batu sembunyi tangan, atau bahkan sudah nyata-nyata masyarakat tahu tapi tetap saja mengelak. 

Simak juga : Dasar Ilmu Kebaikan Dalam Membangun Akal Sehat Dari Keluarga Kecil

4. Mampu Berinteraksi

Pemimpin
Interak pejabat akan menentukan arah negara ini maju atau bangkrut.

Interaksi ini sangat penting karena informasi bersumber dari interkasi. Bagaimana masyarakat memperoleh informasi kalau dia nya lamban dalam berinteraksi bahkan memberikan keputusan yang lambat.  Namun ketika menguntungkan pihak nya, dengan sigap memberikan keputusan dengan cepat.

Maka interaksi ini sangat penting bagi seorang pemerintah, jangan sampai menjatuhkan pilihan yang hanya kepada pemerintah yang tidak pro semua rakyat.

Simak juga : 

5. Mampu Memberikan Apresiasi

Pemimpin
Pemimpin harus menghargai semua yang di capai pendahulu nya.

Seorang calon pengayom harus mampu memberikan penghargaan kepada masyarakat nya, para pendahulu nya. Jangan sampai menjadi pendobrak mencaplok prestasi para pendahulu atau kebijakan presiden yang dahulu hanya saja di lanjutin saja.

Simak juga : 

6. Pemimpin Mampu Mempersatukan Rakyatnya

Pemimpin
Persatuan dan kesatuan Indonesia adalah harga mati.

Seorang leader harus mempu memperstukan rakyat, seperti di Indonesia ini. Sangat kaya dengan budaya, agama, suku, dan Bahasa nya.

Selain itu juga seorang leader harus menjaga tokoh ulama, bukan mendeskriminasinya. Memutuskan hukum dengan tegas, tidak berpihak pada golongan nya saja.

Kriteria di atas adalah sebagian yang bisa kita baca dari calon presiden pada saat ini, jangan sampai kita selaku masyarakat yang ingin bangsa negara ini terus maju, tetapi salah pilih presiden. Karena pilihan kita akan menetukan kemana jalan negara ini, apakah mensejahterakan seluruh masyarakat, atau hanya segolongan saja.

Semoga bermanfaat…

Simak juga : 

Follow kami !

Facebook: @tipsberkah.tb
Instagram: @tipsberkah.tb
Twitter: @BerkahTips