BJ Habibie : Seorang Figur Muslim Cerdas Yang Layak Di Jadikan Teladan

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa disapa BJ Habibie adalah salah satu tokoh nasional sekaligus mantan Presiden ketiga Republik Indonesia yang menginspirasi banyak orang. Dia memiliki sikap pekerja keras, disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah serta jiwa intelek yang tinggi sejak beliau masih muda.

BJ Habibie sangat layak dijadikan teladan bagi anak muda dengan riwayat hidupnya yang luar biasa. Selain pernah menjadi Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, hingga saat ini Dia juga memiliki posisi penting dalam bidang kedirgantaraan khususnya Pesawat Terbang. Perjalanan dan kisah hidupnya sangat menarik dan banyak hal yang bisa kita jadikan teladan. Beberapa teladan yang bisa kita ambil dari perjalaan hidupnya adalah sebagai berikut :

Baca juga : Buya Hamka Masuk Penjara? Simak Cerita Nya!

1. BJ Habibie Cinta Tanah Air

Sudah bukan rahasia lagi jika BJ Habibie sangat disukai oleh Negara Jerman berkat kejeniusannya. Ketika beliau telah menduduki posisi sebagai vice president disebuah perusahaan Messerschmitt-Bölkow- Blohm atau MBB ia rela melepaskan jabatannya untuk kembali dan membanngun Tanah Air pada bidang Teknologi. Bahkan keputusan yang beliau ambil tanpa keragu-raguan sedikitpun karena kecintaannya terhadap Tanah Air. Setelah kepulangannya ke Tanah Air, Dia di angkat menjadi Menteri Ristek yang berlanjut menjadi penasehat presiden hingga berhasil menjabat sebagai presiden selama 1,5 tahun.

2. BJ Habibie Disiplin

BJ Habibie memiliki pandangan bahwa kunci menjadi sukses adalah disiplin, bersungguh-sungguh dan tepat waktu. Beliau konsisten selama bertahun-tahun menggunakan waktunya untuk membaca dan menulis selama 7,5 jam dalam sehari. Jika kita mampu meneladani sikapnya tersebut tentu hidup kita akan menjadi sangat produktif dan bermanfaat. Setiap orang memiliki waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam namun tidak semua orang mampu memanfaatkannya dengan baik. Apa yang dilakukan oleh BJ adalah sebuah contoh kedisiplinan tingkat tinggi yang dibangun dengan kesungguhan dan komitmen.

3. BJ Habibie Visioner dan Fokus

BJ Habibie adalah salah satu tokoh Nasional yang Visioner dan Fokus pada kelebihannya. Hal ini bisa kita lihat dari pemikiran beliau agar putra putri bangsa Indonesia kembali ke Tanah Air untuk membangun Indonesia agar Indonesia menjadi lebih maju 20-30 tahun ke depan. Beliau sangat memikirkan kemajuan bangsa Indonesia di masa depan agar bisa bersaing dengan Negara lain. Selain Visioner, sifat teladan lain yang patut kita contoh darinya adalah fokus pada kelebihannya. Dari awal meniti karir hingga sekarang beliau selalu fokus pada bidang teknologi dengan membangun dan mengembangkan teknologi di Indonesia.

4. BJ Habibie Mempunyai Tekad yang Kuat

BJ Habibie sudah tertarik dengan pesawat terbang semenjak ia masih kecil dan mendapatkan sebuah nasehat dari ayahnya jika beliau mampu membuat pesawat terbang akan menolong banyak orang untuk bepergian karena wilayah Indonesia berbentuk kepulauan. Nasehat dari ayahnya ini ternyata menjadi motivasi bagi Dia bahwa membuat pesawat terbang sangat layak untuk diperjuangkan. Setelah mengambil kuliah jurusan mesin di ITB beliau melanjutkan kuliah S3 di Jerman. Tekad yang kuat untuk membuat pesawat terbang membuat beliau sangat serius mengejar mimpi dan cita-citanya. Untuk mencapai sebuah mimpi yang besar kita harus memiliki sebuah tekad yang kuat dan berkomitmen untuk menjalani prosesnya. Sifat ini sangat patut untuk kita teladani dari seorang muslim cerdas seperti Habibie.

5. BJ Habibie Jujur, Berani dan Profesional

BJ Habibie adalah salah satu presiden yang berani memberantas segala bentuk KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Tidak peduli seperti apa latar belakang keluarganya seperti Tommy Soeharto, Habibie akan tetap menangkap dan mengadilinya. Beliau sangat menjunjung tinggi kejujuran, keberanian dan profesionalitas. Selama pemerintahan telah banyak orang silih berganti yang mau menyogoknya menggunakan barang-barang mewah, uang hingga wanita. Namun beliau tidak goyah dan tetap teguh dengan segala prinsip dan pendiriannya. Sangat terbalik dengan kondisi sekarang dimana para pejabat pemerintah banyak terjebak kasus pidana korupsi, pencucian uang dan lain-lain. Sikap jujur, berani dan professional dari BJ Habibie sangat layak kita jadikan panutan untuk masa depan Indonesia.

Baca juga : Pemimpin Yang Harusnya Menjadi Presiden Indonesia, Berikut Kriterianya!

BJ Habibie dikenal sebagai cendekiawan muslim yang cerdas dan membawa citra islam semakin baik dengan sikapnya. Beliau mempejarai agama secara dan juga mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat jelas dari akhlak nya yang mulia dan pribadinya yang shaleh. Selain menunaikan ibadah yang wajib beliau juga rutin melakukan puasan sunnah Senin dan Kamis.

Dari pemaparan diatas, semangat dan sikapnya sangat layak untuk kita jadikan panutan bahkan di wariskan kepada generasi-generasi selanjutnya. Untuk menjadikan Indonesia lebih baik masih diperlukan banyak generasi-generasi muda yang memiliki sifat dan sikap seperti BJ Habibie. Mari kita jaga agar semangat tersebut terus menyala dan tidak pernah padam.

Demikianlah beberapa sikap dan sifat teladan yang bisa kita contoh darinya , semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi pembaca. Terima kasih..

Baca juga : Seminar Nasional Pendidikan Nasional 2019 Tentang Ketika Sastra Alpa Dari Bangku Sekolah

Ikuti Update kami !

Facebook: @tipsberkah.tb
Instagram: @tipsberkah
Twitter: @BerkahTips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *