3 Alasan Pentingnya Peran Orang Tua, Dalam Perkembangan Emosional Anak Usia Dini

Peran orang tua sangatlah berpengaruh dalam tumbuh kembang emosional anak, karena orang tua adala guru utama bagi anaknya, sehingga dalam usia dini inilah kita harus memberi contoh yang baik kepada anak.

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, sehingga dalam mengawal emosional anak perlu perlu stimulasi yang tepat agar tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Berikut ini perang yang penting bagi orang tua, dalam memonitor perkembangan anaknya di usia dini.

1. Pelibatan orang tua dalam pengembangan sosial emosional anak

ibu memeluk anak
kasih sayang ibu tak ada duanya.

Sejak usia dini bahkan sejak lahir anak- anak akan berkembang dalam banyak cara,  antara lain dalam bidang fisik,kognitif,sosial dan emosional. Untuk aspek emosional, reaksi anak terhadap berbagai perasaan berbeda-beda yang mereka alami setiap harinya. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan usianya.

Baca juga : Bagaimana Menentukan Penghasilan Ketika Masih Remaja

2. Mengapa peran orang tua sangat penting pada masa anak-anak

orang tua membimbing berjalan anak
Mendidik anak sangatlah penting sejak usia dini.

Pentingnya peran orang tua dalam perkembangan emosional anak ini sangatlah berpengaruh. Karena sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama orang tuanya. Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak. Maka sebagai orang tua haruslah bisa mendeteksi hal-hal apa saja tentang anaknya. Orang tua adalah panutan terbaik bagi anak.

Baca Juga : Dasar Ilmu Kebaikan Dalam Membangun Akal Sehat Dari Keluarga Kecil

3. Peran orang tua dalam psikologi

anak bersama orang tua nya
Memberikan yang terbaik, dengan selalu menyempat dalam kesibukan.

Sebagai orang tua haruslah bisa bersabar dalam menghadapi sikap anak yang terkadang membuat hati sangat kesal. Terkadang anak selalu memaksa keinginannya untuk di turuti sedangkan kita selalu menghalangi. Disinilah pentingnya orang tua dalam mengarahkan emosi anak, karena tidak semua kemauan harus di turuti. Namun sebagai orang tua pun dalam memberikan sebuah pepahaman terhadap anak tidak dengan cara membentak. Karena satu kali bentakan dapat merusak pemikiran serta emosi anak yang suatu saat bisa saja membangkang terhadap perintah orang tuanya.

Baca juga : Rahasia Membangun Keluarga Harmonis Agar Bahagia Dunia dan Akhirat

Tentunya dari 3 hal ini masih banyak yang bisa dilakukan orang tua, dalam mengontrol tumbuh kembang anak. Karena setiap kita ada cara masing-masing dalam mendidik anak, selama yang terbaik diberikan kepada anak, maka itulah keputusan mu yang indah.

Tak ada yang indah kecuali kasih sayang orangtua, yang memberi kasih sayang tulus untuk buah hatinya, sebab tidak semua anak mendapatkan kasih sayang orangtuanya saat lahir di bumi.

Cahaya di atas cahaya

Follow kami !

Facebook: @tipsberkah.tb
Instagram: @tipsberkah.tb 
Twitter: @BerkahTips

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *